Featured

Cara Mengatasi Lag / Lemot Pada Hp Xiaomi Redmi Note 4 (Kamera / Pemutar Video / Sound)

HP Xiaomi memang dikala ini bisa dibilang sedang bertambah daun, bahkan di indonesia sendiri tampaknya jumlah pengguna xiaomi dari hari ke hari semakin meningkat, penyebab utamanya alasannya ponsel yang satu ini bisa mengatakan spesifikasi yang tinggi dengan harga yang relative murah bila dibandingkan dengan brand hp lainnya yang mempunyai spesifikasi serupa, tapi walaupun murah tetap tidak menyebabkan hp xiaomi di cap sebagai hp murahan.

Karena alasan inilah saya pun tertarik untuk membelinya mencoba untuk menjadi pengguna xiaomi, walaupun dari awal saya menyukai semua brand hp keluaran asus zenfone, tetapi alasannya ingin tau saya pun mencoba untuk beralih menjadi pengguna hp xiaomi.

Saya pun balasannya tetapkan untuk membeli hp xiaomi redmi note 4 dengan ROM / Frimware Global Official (100% original), saya menentukan versi ini berhubung versi ini yakni keluaran terbaru, untuk versi ini di pasaran ada 2 versi untuk xiaomi redmi note 4 ini, yang pertama yang memakai chipset mediatek dan yang kedua yang memakai chipset qualcomm snap dragon, harganya relative sama namun xiaomi dengan chipset qualcomm snap dragon lebih mahal sedikit, kurang lebih beda dua ratus ribuan.

Permasalahan Pada Xiaomi Redmi Note 4 yang saya temukan


Sebelumnya memang banyak yang menyarankan untuk menentukan xiaomi dengan chipset Qualcomm snap dragon, dengan alasan lebih stabil dan tidak ringan panas, tapi alasannya anggaran yang minim sedangkan hp butuh banget alasannya hp sebelumnya pecah, balasannya saya fik tetapkan untuk membeli xiaomi redmi note 4 dengan chipset mediatek.

Banyak rumor bahwa xiaomi dengan chipset mediatek cepat panas, dan sesudah menjadi pengguna saya gres tau dan memang benar hp xiaomi dengan chipset mediatek saya benar benar ringan sekali panas, Awalnya saya mengira permasalahan pada xiaomi redmi note 4 saya hanyalah pada temperatur perangkat yang ringan panas, namun sesudah mencoba beberapa ahad saya gres sadar ternyata banyak sekali kelemahan-kelemahan (bug sistem) yang saya temukan di hp xiaomi tersebut. padahal versi xiaomi tersebut sudah memakai MIUI versi 8 android marsmalow.

Beberapa hambatan yang saya temukan sesudah menjadi pengguna xiaomi redmi note 4 ROM Global Official ini yakni sebagai berikut:

1. HP Praktis sekali panas, walaupun penggunaan nya tidak terlalu berlebihan

2. Kamera Ngelag/Lemot, Setiap kali ingin memakai Kamera, kamera terkadang ngelag dan lemot sekali, bahkan kadang bisa menciptakan sistem xiaomi hang sehingga perangkat harus direstart.

3. Pemutar video bawaan xiami ngelag/lemot, ketika pemutar video bawaan xiaomi dipakai untuk memutar video, baik itu film, rekaman video maupun dipakai untuk menonton youtube, pemutar video sering ngelag, sangat lemot dan terkadang bisa menciptakan xiaomi hang, tidak jarang perangkat harus direstart ulang.

4. Terkadang Suara yang dihasilkan Noise, berisik alias tersendat-sendat, baik bunyi game, music dan bunyi lainnya, namun ini tidak terlalu sering hanya kadang kala saja dan cukup mengganggu.


Memang sesudah mengetahui permasalahan tersebut, saya merasa dirugikan bahkan terlintas untuk menjualnya kembali, karena  tidak puas dengan performa xiaomi,  Segala cara saya coba, factory reset, tetap saja permasalahan masih ada, balasannya saya mencari rujukan untuk mengatasi problem tersebut, dan ternyata hambatan tersebut memang benar banyak dialami oleh pengguna xiaomi di seluruh duni untuk versi tersebut.

Penyebabnya ternyata pada sistem xiaomi yang masih banyak mempunyai bug. Tapi pada balasannya saya beruntung alasannya berhasil menemukan solusi yang sempurna yang sanggup mengatasi permasalahan tersebut. dan hp xiaomi redmi note 4 saya bisa berjalan normal dan masih dipakai hingga dikala ini.

Cara Mengatasi Lag Pada (Lemot) pada HP Xiaomi Redmi Note

Untuk anda yang kebetulan pengguna xiaomi redmi note dan kebetulan mengalami permasalahan pada kamera dan juga pemutar video, maka untuk mengatasi permasalahan tersebut anda bisa coba langkah-langkah di bawah ini yang sudah terbukti berhasil saya coba di xiaomi redmi note 4 milik aku.

1. Mengatasi Lag Pada Pemutar Video Xiaomi

Pemutar video bawaan xiaomi redmi note 4 mempunyai problem sering ngelag dan sangat lemot, untuk mengatasi permasalahan ini anda bisa coba memakai pengaturan mx player pro.

MX player pro sebetulnya bisa anda gunakan sebagai alternatif untuk memutar video, namun pengaturan yang terdapat di mx player pro ternyata juga sekaligus bisa mengatasi permasalahan ngelag dan lemot pada pemutar video bawaan xiaomi.

a. Silahkan anda download dan  instal aplikasi MX Player Pro

b. Buka Aplikasi MX Player Pro, pilih hidangan 3 titik di pojok kanan atas, kemudian pilih menu Pengaturan > kemudian pilih menu Decoder, dan pastikan untuk ceklis item-item Dekoder perangkat keras, ibarat terlihat pada gambar di bawah ini:


c. Setelah itu, sebelum memakai video bawaan xiaomi, gunakan MX player untuk memutar film dengan durasi yang sangat panjang.

d. Jangan heran sesudah anda melaksanakan pengaturan MX player dan juga menonton video memakai MX player, secara otomatis akan ikut mempengaruhi kinerja video bawaan xiaomi anda, bila tidak percaya coba saja anda tonton film/ video memakai video bawaan xiaomi, video akan berjalan normal dan tidak lagi ngelag atau lemot.

Jika terkadang masih terjadi lemot, maka tonton lagi video di MX player, ntah kenapa semakin sering nonton video memakai MX player menciptakan video bawaan xiaomi pun menjadi normal, dan balasannya video bawaan xiaomi pun bisa anda gunakan sebagai pemutar video default di xiaomi anda, silahkan buktikan sendiri.

#2. Mengatasi Lag / Lemot Pada Kamera Xiaomi

Untuk mengatasi permasalahan pada kamera xiaomi yang ngelag atau lemot ketika digunakan, maka cara ini bisa anda coba:

Aktifkan mode pengembang

Untuk memperbaiki camera xiaomi yang lemot dan lag maka langkah pertama anda harus mengaktifkan mode pengembang. bila mode pengembang sudah aktif biasanya akan muncul hidangan opsi pengembang / developer option yang terdapat pada hidangan setelan > pengaturan tambahan. bila tidak muncul berarti opsi pengembang belum diaktifkan.

Di artikel sebelumnya saya sudah menguraikan bagaimana cara mengaktifkan mode pengembang di ponsel xiaomi, kurang lebih caranya yakni sebagai berikut:

1. Aktifkan hp xiaomi anda

2. Masuk ke hidangan seting / pengaturan, kemudian scroll ke bawah pilih hidangan About ponsel / wacana ponsel

HP Xiaomi memang dikala ini bisa dibilang sedang bertambah daun Cara Mengatasi Lag / Lemot Pada HP Xiaomi Redmi Note 4 (Kamera / Pemutar Video / Sound)
 
3. Pada halaman about ponsel, cari hidangan versi MIUI /MIUI Version, kemudian ketuk-ketuk sebanyak 7 kali, hingga muncul notifikasi "Anda sudah menjadi pengembang"

HP Xiaomi memang dikala ini bisa dibilang sedang bertambah daun Cara Mengatasi Lag / Lemot Pada HP Xiaomi Redmi Note 4 (Kamera / Pemutar Video / Sound)

4. Untuk masuk ke hidangan opsi pengembang, silahkan kembali ke hidangan setting, kemudian pilih hidangan Setelan tambahan... / additional settings... . Pada halaman additional settings/ setelan tambahan, cari dan klik hidangan Opsi pengembang / developer options, di halaman tersebut pastikan pilihan opsi pengembang sudah dalam keadaan on / aktif.

HP Xiaomi memang dikala ini bisa dibilang sedang bertambah daun Cara Mengatasi Lag / Lemot Pada HP Xiaomi Redmi Note 4 (Kamera / Pemutar Video / Sound)


Ini Setingan Untuk mengatasi kamera hang /ngelag /lemot

Pada halaman opsi pengembang /developer options, untuk mengatasi hp ngelag atau lemot, maka silahkan scroll ke bawah, kemudian cari menu Pengoptimalan Memory / Memory Optimization,  pastikan menentukan non aktif. Lalu scroll lagi ke bawah, pastikan Menu Hidupkan Optimasi MIUI dalam keadaan aktif.



Setelah langkah-langkah di atas anda lakukan, silahkan restart HP xiaomi anda, dan coba lihat hasilnya, di HP xiaomi saya (xiaomi redmi note 4 3/46 mediatek), cara di atas berhasil mengatasi kamera dan juga perekam video xiaomi yang tadinya lemot dan ngelag menjadi smooth dan lancar. semoga cara di atas berhasil juga untuk hp xiaomi anda. god luck.

Jika hp terkadang masih lemot sesudah melaksanakan cara di atas anda bisa coba ini:

Ini bisa saja terjadi pada xiaomi anda, alasannya saya juga sama mengalaminya, sesudah melaksanakan seting di atas, kamera memang menjadi normal, namun kadang kala kamera kembali ngelag dan lemot,  Apa yang saya lakukan yakni melaksanakan restart hp ketika kamera ngelag lagi, bahkan saya sempat merestartnya beberapa kali, dan sesudah insiden tersebut kamera xiaomi redmi note 4 saya balasannya berjalan normal tanpa harus restart ulang terus, bahkan sempat setiap kali ambil beberapa foto saya matikan kamera dan matikan layar. kemudian hidupkan lagi, ketika ingin dipakai kembali. dampaknya hingga dikala ini lancar-lancar saja tanpa harus on off ulang.

Saran supaya kamera berjalan mulus, bila memang sedang dipakai untuk foto-foto dalam jumlah yang sering contohnya untuk mendokumentasikan ketika anda sedang liburan dan lain sebagainya, lebih baik ubah ke dalam mode terbang /pesawat supaya hp tidak ringan panas, dan bila tidak sedang dipakai pastikan layar hp dimatikan.

#3  Mengatasi Suara Noise /berisik atau patah-patah

Terus jelas untuk problem ini saya hingga dikala ini belum menemukan solusinya, Suara terkadang ngeresek (bahasa sunda), noise berisik terpotong-potong ketika dipakai untuk music atau main game, namun permasalahan ini tidak terlalu sering.
 Jika anda mengatahui caranya silahkan banyak sekali di komentar.

Cara Terakhir Untuk Mengatasi Pemasalahan Bug Xiaomi

Jika cara-cara di atas masih saja tidak bisa mengatasi hambatan pada hp xiaomi anda, maka cara terakhir yang bisa anda coba yakni melaksanakan update rom xiaomi. caranya:
  • download rom xiaomi terbaru sesuai dengan versi xiaomi yang anda gunakan, pilih ROM xiaomi versi developer cina
  • Silahkan simpan FIle download di perangkat xiaomi anda
  • Buka aplikasi Updater bawaan xiaomi
  • Pilih 3 titik di pojok kanan atas
  • Lalu pilih hidangan choose update package, silahkan arahkan ke file rom yang sudah anda download sebelumnya
Ikuti prosesnya hingga berhasil. untuk cara ini saya langsung belum mencobanya, namun testimodi dari beberapa pengguna xiaomi, dengan cara ini maka semua permasalahan bug pada sistem xiaomi bisa di atasi dan hp bisa berjalan dengan normal.

UPDATE TERBARU

Setelah hp xiaomi redmi note 4 di update ke MIUI versi 8.2.10, permasalahan-permasalahan ibarat lang pada kamera, lang dan lemot pada pemutar video dan juga bunyi berisik yang kadang muncul ketika memutar music mp3 maupun ketika bermain game semuanya sudah sanggup di atasi dan berjalan normal.

Untuk anda yang masih mengelami permasalahan lag pada hp xiaominya, silahkan coba update MIUI nya ke versi 8.2.1.0 yang sudah tersedia dan siap di download dan update via OTA (on the air).

Untuk melaksanakan update tidak ada persiapan khusus, pastikan saja memakai koneksi wifi dan usahakan baterai hp anda di atas 70%, atau dalam keadaan di cast juga akan lebih baik, alasannya proses update cukup lama, langkah-langkahnya yakni sebagai berikut:

  1. Untuk xiaomi dengan rom global official, rom cina official atau rom developer cina yang bisa melaksanakan update via ota, silahkan lakukan update via ota, buka aplikasi updater miliki xiaomi biasanya ada di folder tool.
  2. Silahkan cek update, sangat disarankan memakai koneksi WIFI, alasannya ukuran file update MIUI sangat besar sekitar 4.1 GB, silahkan download.
  3. Setelah proses download update selesai, akan muncul tombol start update, silahkan tekan saja tombol start update, hp xiaomi akan melaksanakan proses update, kira-kira 30 - 60 menit, tunggu saja dan biarkan hingga proses update selesai.

Di hp xiaomi redmi note saya sesudah melaksanakan update miui versi 8.2.1.0, semua permasalahan sanggup di atasi dan xiami berjalan normal:
  • hp menjadi stabil tidak ringan lagi panas.
  • 4G tetap berjalan dengan baik.
  • Lag pada kamera hilang.
  • Lag pada pemutar video sudah tidak ada
  • Suara noise ketika memutar mp3 atau bermain game sekarang sudah tidak ada lagi.

Update versi 8.2.1, tampaknya sudah memperbaiki bug-bug di atas, sehingga menciptakan hp xiaomi menjadi lebih stabil.



Demikian uraian wacana cara mengatasi permasalan lag atau lemot pada perangkat xiaomi anda terutama pada kamera xiaomi dan pada pemutar video bawaan xiaomi, permasalahan di atas sudah saya coba pada hp xiaomi redmi note 4 saya dan hingga dikala ini permasalahan berhasil di atasi tanpa harus melaksanakan update ROM, update ROM bisa anda pilih bila berdasarkan anda permasalahan di atas tidak sanggup di atasi.
Semoga bermanfaat.


Sumber http://www.strukturkode.blogspot.com
close