Featured

7 Hal Yang Paling Sering Ditanyakan Blogger Pemula



Pertama mengenal dunia blog, segudang pertanyaan juga muncul dalam benak saya. Sebegitu banyaknya, hingga saya sendiri kadang resah apa yang sedang saya pertanyakan. Saya ingin tahu segala hal perihal dunia blogging dan bagaimana itu dijalankan. Tapi tak kunjung puas dalam setiap tanggapan yang saya temukan.

Karena saya blogger pemula ketika itu, banyak yang tidak peduli bila saya berkomentar dan bertanya banyak hal pada seorang blogger mahir (dilihat dari blognya dan prestasinya). Alhasil, saya lebih sering putus asa dalam memecahkan setiap pertanyaan ketimbang menemukan jawaban.

Menjadi blogger memang kelihatannya saja yang mudah, dalam menjalankannya tidak seindah di gurun sahara sambil berbaring diatas Bean Bags dengan payung lucu dan minuman segar. Namun juga tidak sesulit menghadirkan matahari di tengah purnama. Semuanya masih dalam taraf yang masuk akal asal dipelajari.

Saya pernah ada dibagian yang penuh dengan tanda tanya tersebut, sehingga saya sangat tahu bagaimana semua itu saya lalui. Postingan kali ini, BLOGOOBLOK ingin menceritakan apa saja hal krusial yang paling sering ditanyakan oleh seorang blogger pemula.

Pertanyaan yang kadang sangat dasar dan sulit dipahami. Namun pada kenyataanya tidak jauh dari 7 hal berikut ini.

1. Apa itu blog?

Pertanyaan paling dasar yang niscaya ditanyakan seseorang yang berkeinginan menjadi blogger ialah blog itu sendiri. Orang yang tidak punya latar belakang dalam keilmuan teknologi niscaya akan kesulitan memahami apa itu blog. Saya pertama kali mengenal blogging juga demikian.

Saya tidak bisa membedakan mana blog mana website. Bahkan mana platfom Wordpress dan mana Blogspot. Dan apa saja jenis-jenis blog dan penyedia layanannya. Pertanyaan ini harus dipahami terlebih dahulu sebelum tetapkan menjadi blogger atau tidak.

Silahkan membaca klarifikasi lebih jauh pada postingan ini:
2. Mengapa harus menjadi blogger?

Saya termasuk orang yang ketika mengambil keputusan harus punya pertimbangan dan landasar berpikir yang kuat. Alasan ialah salah satu tonggak suatu pekerjaan bisa berjalan dengan baik dan berhasil menyerupai yang diharapkan. Menjadi blogger juga demikian.

Ada banyak blogger pemula tidak punya alasan besar lengan berkuasa untuk menjadi blogger. Kalau bukan alasannya ialah melihat kesuksesan orang lain, mereka tak akan mengambil langkah tersebut. Atau paling ekstrim lagi menjadi blogger alasannya ialah ikut-ikutan animo saja. Padahal menjadi blogger punya banyak alasan dan setiap orang punya alasan yang berbeda-beda.

Namun sebagai materi pertimbangan, silahkan membaca goresan pena berikut untuk menemukan jawabannya:
3. Pertanyaan seputar teknis menciptakan dan memodifikasi blog

Pertanyaan teknis ialah pertanyaan yang paling banyak ditanyakan oleh blogger pemula. Tidak berhenti pada cara menciptakan blog saja. Ada banyak turunan dari pertanyaan utama ini. Mulai dari cara menciptakan postingan, cara memasukkan gambar, cara memperbaiki SEO hingga cara modifikasi blog lainnya.

Setiap orang punya perbedaan keilmuan. Sehingga masuk akal saja, menjadi blogger kadang harus banyak bertanya. Saya juga demikian. Bahkan pada suatu waktu, pertanyaan yang sama saya tanyakan berulang kali. Hingga saya harus mencatatnya di dalam blog semoga tidak terlupakan.

Pertanyaan-pertanyaan soal cara-cara ini sudah saya kumpulkan dalam satu postingan, silahkan lihat: Tutorial Lengkap Membuat Blog Blogspot Makara Profesional atau buka 13 Cara Agar Menjadi Blogger Profesional

4. Bagaimana menciptakan postingan yang baik?

Setelah masuk dalam tahap ini, artinya blogger bersangkutan telah lulus ujian terberat diproses pembuatan dan modifikasi tampilan. Karena tidak sedikit blogger pemula yang gagal di fase ketiga. Banyak yang alhasil berhenti menjadi blogger alasannya ialah tanpilan yang diinginkan untuk blognya tak kunjung berhasil.

Ujuk-ujuk tampilannya menarik. Tidak sedikit yang kemudian harus sakit kepala dengan kesalahan penempatan skrip. Namun, bila sudah bertanya soal menciptakan postingan yang menarik, ujian itu telah usai. Postingan pada blog ialah nyawa. Sehingga tidak sedikit yang mempertanyakan hal ini.

Baca goresan pena berikut untuk menemukan jawabannya:
5. Bagaimana cara datangkan banyak pengunjung?

Hidup seorang blogger tidak akan jauh-jauh dari tugas serta orang lain. Dalam bahasa blognya dikenal dengan sebutan trafik. Trafiklah yang menentukan satu blog besar atau kecil. Sehingga ada banyak blogger pemula mencari formulasi mendatangkan trafik yang besar.

Ada banyak cara menjawab pertanyaan ini. Ada yang cara baik dan ada pula dengan cara kotor. Semua berfungsi, namun tentu saja berbeda dengan hasil alhasil masing-masing. Jawaban utama dari pertanyaan ini ialah SEO (search engine optimization) dan Search Engine Marketing (SEM).

Dari pertanyaan utama ini muncul kemudian banyak pertanyaan turunan, menyerupai trafik besar itu acuannya dari mana, apakah 100 atau 1000 itu dikatakan besar, atau harus berjuta-juta. Untuk ukuran blog sebenarnya, tidak ada batasan. Berapapun trafiknya tentu ialah sesuatu yang membanggakan.

Namun bila ingin menyebabkan blog sebagai ladang mencari uang, maka trafik yang tinggi ialah kunci utama. Silahkan baca klarifikasi lebih lanjut pada postingan ini: 10 Cara Ampuh Meningkatkan Trafik Blog atau Website. 

6. Bagaimana cara mendapatan uang dari blog?

Tidak sedikit blogger yang menentukan menjadi blogger alasannya ialah ada laba secara finasial dari proses ini. Tidak heran, pertanyaan ini paling banyak menyedot perhatian blogger. Maka lahirlah berbagai artikel yang berusaha menjawab pertanyaan-pertanyaan turunan dari mendapat uang di blog.

Pada dasarnya, ada banyak cara yang bisa ditempuh seorang blogger untuk mendapat penghasilan. Berikut beberapa artikel yang bisa menjawab pertanyaan ini:
7. Pertanyaan soal Google Adsense

Bicara soal penghasilan dari blog, maka tidak akan jauh dari tugas serta Google Adsense. Ada berbagai macam pertanyaan yang diutarakan blogger seputar Google Adsense. Saya pun awalnya demikian. Hingga alhasil saya menjalani dan merasakannya sendiri.

Pertanyaan yang sering diutarakan adalah apa itu Google Adsense, bagaimana beliau bekerja dan membayar pemilik blog, dan bagaimana kalau begini begitu akun adsense yang kita punyai. Ada banyak varian yang muncul soal Google Adsense. Itu alasannya ialah kebanyakan blogger masih menyebabkan Adsense sebagai mata pencaharian utama.

Sangat masuk akal memang, alasannya ialah siapa yang tidak mengenal Google dan bagaimana raksasa internet ini bekerja. Semua orang ingin berhubungan dengan mereka. Pembaca BLOGOOBLOK juga sangat banyak yang tertarik alasannya ialah topik Google Adsense ini. Pada dasarnya, pertanyaan soal uang dan Adsense sangat banyak menyita perhatian blogger.

Berikut beberapa klarifikasi seputar hal yang ditanyakan perihal Google Adsense:

Sebenarnya ada masih banyak lagi hal yang sering ditanyakan oleh seorang blogger. Namun 7 topik diatas yang paling banyak menyita perhatian. Ketika ngeblog sudah menjadi rutinitas dan pekerjaan, pertanyaan-pertanyaan yang muncul juga akan lebih rumit. Blogger besar sudah berpikir bagaimana berbagi blognya.

Inovasi ialah kunci dari semua proses. Bukan hanya dibidang industri dan ekonomi, dalam dunia blogging juga dibutuhkan. Semakin tingginya tingkat pertumbuhan internet di Indonesia maka semakin banyak pertanyaan yang tercipta. Hal ini sejalan dengan semakin rumitnya setiap algoritma.

Saya sendiri hingga detik ini masih menyimpan banyak pertanyaan yang juga belum terselesaikan. Saya yakin teman-teman juga demikian. Maka tak ada salahnya untuk mengutarakannya dalam postingan ini. Hal-hal yang bisa saya jelasakan akan saya jelaskan, namun yang belum akan saya minta kesediaan orang-orang yang mampu.

Selamat Blogging dan Jangan Lupa Bahagia!


Sumber http://blogoooblok.blogspot.com
close