Featured

Cara Mengaktifkan Https Blog Yang Custom Domain


Setelah September 2015 Google mendukung dan menerapkan Hypertext Transfer Protocol Secure (HTTPS) pada semua blog dengan subdomain Blogspot, sekarang hal serupa juga sanggup diterapkan pada blog yang custom domain.

Baca: Blogspot Sudah Bisa Menggunakan Protokol HTTPS

Custom domain ialah blog yang menitipkan semua datanya di blogspot. Mulai dari hosting, space sampai bandwidth masih berada dalam naungan blogger. Hanya nama domain blognya saja yang berubah. Seperti, semula BLOGOOBLOK memakai URL blogoooblok.blogspot.com, sekarang menjadi Blogooblok.com.


Fasilitas custom domain dari blogspot inilah yang jadi nilai tambah kalau dibandingkan Wordpress. Banyak orang menentukan menempuh langkah ini untuk menghemat biaya tahunan. Karena satu-satunya ongkos yang dikeluarkan hanya sewa domain. Tidak lagi disibukkan dengan biaya hosting.

Ada plus minus kalau menerapkan custom domain. Namun bagi blog yang tujuannya bukan untuk bisnis atau urusan besar lainnya, lebih baik menempuh cara tersebut. Tapi memang kalau hendak lebih profesional sebaiknya memakai blog self hosting.

Baca: Cara Membuat Website Tanpa Kursus Yang Mahal 

Kembali lagi dengan HTTPS. Dulunya, blogspot belum mendukung pengalihan ini bagi domain yang custom. Entah semenjak kapan kebijakan tersebut diberlakukan. Namun, BLOGOOBLOK sudah sanggup mengaktifkannya. Baru beberapa hari belakangan lebih tepatnya.

Saya masih ingat awal-awal protokol blogspot mengalihkan dari HTTP ke HTTPS. Ada peringatan khusus dalam bab 'Setelan', bahwa menyetel domain khusus akan menonaktifkan ketersediaan HTTPS. Ditambah lagi gosip kalau HTTPS tidak akan tersedia untuk blog dengan domain khusus.


Sejak dikala itu, pupus sudah cita-cita blog ini untuk menyetel Secure Sockets Layer (SSL). Karena untuk menerapkan encrypted berarti harus mengeluarkan sedikit pulus untuk membeli akta SSL. Lagipula akan sulit menerapkannya dengan custom domain.

Baca: Apa Itu SSL dan Kegunaanya Untuk Blog

Sebenarnya saya tidak pernah lagi dengan sengaja memperhatikan setelan ini. Karena ingatan yang tadi itu. Namun mata saya tetiba beberapa hari kemudian beradupandang dengan kebijakan membahagiakan tersebut. Akhirnya blog ini meski custom sudah sanggup menerapkan protokol HTTPS.

Buat kalian yang juga menerapkan custom domain, tidak ada salahnya mengecek bab Setelan. Pada tab 'Dasar' lihat goresan pena HTTPS. Jika tombol Ketersediaan HTTPS mempunyai pilihan antara Ya dan Tidak. Silahkan menentukan Ya kalau berniat. Setelah itu jangan lupa melaksanakan hal yang sama dengan Pengalihan HTTPS.


Saat menentukan Ya pada tab ketersediaan, akan ada jedah beberapa dikala untuk mereka memeriksa. Entah bagaimana sistem yang digunakan blogspot, namun BLOGOOBLOK dinyatakan available. Saya juga tidak punya balasan kalau nyatanya tidak tersedia. Kemungkinan besarnya ditolak.

Setelah melaksanakan pengalihan, perlahan-lahan proses propagas terjadi. Silahkan cek URL blog kalian. Yang awalnya hanya tertulis www.<blogkalian>.com akan menjadi https://www.<blogkalian>.com. Jika membuka blog ini di browser dekstop, akan muncul goresan pena 'Secure' yang didahului dengan logo gembok berwarna hijau.


Ketika proses propagasi terjadi, iklan Adsense yang terpasang memang akan menghilang sejenak. Kaprikornus tak perlu khawatir. Tidak akan berselang lama, mereka kembali lagi. Mula-mula, meski terdapat goresan pena HTTPS di URL, akan ada tanda seru di depannya. Itu artinya masih berproses.

Tidak perlu melaksanakan tindakan lain sesudah mengubah protokol URL. Bagi pengunjung yang datang, pelan-pelan akan dialihkan ke HTTPS. Secara trafik juga tidak akan berpengaruh. Bahkan kini, kepercayaan situs kita baik, alasannya ialah lebih kondusif untuk melaksanakan banyak hal.

Saya sangat ingin mendengar pengalaman teman-teman soal ini. Siapa tahu ada yang lebih dahulu melakukannya atau ada yang sempat ditolak. Cerita kalian akan sangat penting untuk update gosip soal ini. Namun bagi saya, ini sungguh luar biasa.

Salam kreasi!

Sumber http://blogoooblok.blogspot.com
close