Featured

Tutorial Buat Instant Artikel dari Wordpress



Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh. Salam sejahtera untuk semua pembaca tulisan saya.
Alasan saya membuat tulisan di sini adalah untuk membantu para Internet Marketing maupun masyarakat awam, mengetahui tentang instant article dan  mendapatkan penghasilan dari tools ini.
Kenapa?, karena Instant Article masih baru dan belum banyak orang yang membuat tutorialnya.  
Di dalam artikel ini, anda akan saya pandu step by step cara membuat instant article mulai dari awal.

1.   Apa itu Instant Article?
Facebook Instant article adalah tools yang disediakan oleh facebook untuk para penulis, blogger maupun pemilik website, agar bisa mempromosikan isi dari blogger ataupun website yang mereka buat.
Facebook Instant Article ini diperuntukkan bagi para pengguna mobile. Jika kita sedang membuka aplikasi Facebook mobile dan kita melihat sebuah content dengan tanda petir atau lighting bolt di bagian kanan atas dari gambar grafik yang terbuka, itu adalah versi Facebook Instant Articles.
Ketika kita mengklik untuk membaca content itu, load akan menjadi sangat cepat karena kita tidak meninggalkan Facebook untuk pergi ke website lain.
Sama dengan google ads, di Facebook IA ini, kita bisa mendapatkan penghasilan dari iklan yang otomatis masuk. Keunggulannya, di IA ini iklannya lebih cepat muncul. Setiap orang yang klik berita, sudah masuk
penghasilan, apalagi klik iklannya. Agar lebih cepat dapatnya, diiklankan lewat FB Ads.
Banyak para mastah yang sudah mendapatkan penghasilan jutaan hingga puluhan juta per bulan dari IA ini.
Walau demikian, untuk memperoleh penghasilan yang tinggi, tidak bisa terjadi secara instan, ada proses yang harus dilalui. Terpenting adalah sabar, focus dan buatlah inovasi-inovasi  yang bisa mengembangkan diri.  Yakinlah, anda akan mendapatkan hasil yang bagus saat tiba waktunya.
Sudah siap?.Lanjuuut.
  
2.   Buatlah Website serta Fans Page
Tahap pertama yang harus anda persiapkan terlebih dahulu adalah website ataupun blog, selain itu, anda juga harus punya fans page di facebook, jika belum punya, silahkan klik link berikut ya: http://facebook.com/pages/create .

 Ini adalah syarat kunci untuk membuat Instant Article. Bagaimana cara buat website atau blog?. saya tidak akan menjelaskan di sini, karena anda bisa belajar lewat google ataupun lainnya. Terpenting anda sudah punya website atau blognya, tidak perlu anda otak-atik dahulu
template ataupun desain websitennya, karena di  Instant Article tidak akan terlihat website anda.

3.  Siapkan 10 artikel

Buatlah minimal 10  artikel di website atau blog anda, dengan jumlah kata di atas 300. Ini adalah syarat kedua yang harus anda penuhi.  Pihak facebook baru akan menyetujui artikel anda,  jika memenuhi syarat tersebut. Saran saya, buatlah artikel yang  disukai banyak orang seperti berita viral, sepakbola, tips kesehatan, tips ibadah agama, game dan lainnya. 

4.  Buat Instant Article Wordpress

Pertama, saya akan membahas untuk pengguna website wordpress terlebih dahulu.

Caranya: Installah  plugin Wordpress  Fb Instant article di bawah ini, agar blog atau website anda nantinya bisa terhubung dengan Facebook Instant Article, ingat ini adalah wordpress.org, jadi anda
belajar dahulu bagaimana membuat website lewat wordpress dan punya hosting sendiri:
https://wordpress.org/plugins/fb-instant-articles/ Atau agar lebih mudah, bisa melalui menu plug in > Add new atau tambah baru.




Search dengan kata kunci Instant Articles for WP> lalu install dan aktifkan.



Selanjutnya, anda klik seperti tanda merah di bawah.


 Lalu klik salah satu fans page yang bakal anda gunakan, jangan lupa, sebelum anda klik tombol “Akses Alat Artikel Instant”, centang dulu kolom, Dengan melanjutkan, Anda menyetujui ketentuan artikel instan: 

Tahap selanjutnya klik alat penerbitan di fans page yang bakal digunakan, kofigurasi, hubungkan situs anda dan copy id halaman:
kemudian anda kembali ke dasbor wordpress di menu artikel instan, masukin ID halaman di plugin wordpress untuk mengklaim Fanspage anda agar terkoneksi ke website anda, lalu klik save pada bagian kiri paling bawah. 



Kembali ke alat penerbitan fanspage> konfigurasi>hubungkan Situs Anda>buatlah url
website anda, kemudian klik klaim URL.

Jika website Instant Article anda diklaim, maka akan muncul tulisan seperti di atas lingkaran merah yang saya buat.
Tahap selanjutnya adalah membuat umpan RSS Instan Artikel. Lewat umpan RSS ini,  semua artikel yang kita
buat di website akan otomatis muncul di instant article fanspage anda. Cukup copy link dari website kita saja. Sehingga ketika dibuka melalui android akan tampi langsung versi instant article. 


Klik kofigurasi>Produksi Umpan RSS>masukan alamat umpan RSS. Untuk alamat umpan RSSnya secara
default, silahkan tiru alamat url ini dan isi nama web anda:  http://www.namawebanda/feed/instant-articles
Selanjutnya klik gaya, lalu pilih default> logo. Di sini anda bakal diminta membuat logo yang pas dengan ukuran yang ditentukan.  Ini wajib diisi, agar instant article anda di approve oleh faceboook.

Sampai di sini, kerja anda untuk membuat instant article sudah selesai.  Tinggal menunggu kabar dari
pihak facebook, apakah  bisa disapprove atau tidak.  Biasanya membutuhkan waktu 3 hingga 5 hari. 

Lalu, bagaimana mengetahui, fanspage kita diapprove atau tidak?. Klik Alat penerbitan>Artikel Produksi di barisan sebelah kiri>centang salah satu artikel anda>klik tindakan. Jika tulisannnya terbitkan, berarti artikel anda sudah di approve, jika masih peninjauan, tunggu saja. Selesai ini, anda tinggal  mengangkses nomor rekening anda, agar pihak facebook langsung mengirim penghasilan ke facebook anda.(*)
close