Featured

Blogspot Ganti Template Jadi Tema Dan 4 Desain Baru




Pada awal Maret 2017, tiba-tiba tab Template di dasbor blogspot menghilang dan berubah jadi Theme atau Tema dalam bahasa Indonesia. Perubahan nama tab ini menyusul sehabis pada November 2016 kemudian dengan mengejutkan blogspot mengubah tampilan dasbornya secara utuh.

(Baca: Tampilan Baru Dashboard Blogger Lebih Segar dan Kekinian)

Tidak berselang usang dari menghilangnya tab Template, kembali blogspot memberi kejutan dengan desain tema yang baru. Setelah sekian usang desain standar template blogspot tak tergantikan perannya, sekarang dengan Tema gres yang hadir, semua hal yang berbau sederhana mulai tergantikan.

Perubahan ini memang tidak serta merta diterapkan. Namun kabar ini cukup menggembirakan. Karena desian yang ditampilkan blogspot ketika ini telah mengikuti jaman. Lebih simple dan responsif. Artinya, tema blogspot tidak lagi memusingkan untuk mengubahnya dalam versi mobile.

Sadar tidak sadar, ketika ini tampilan mobile satu website sangat penting. Karena pengguna smartphone di Indonesia telah tumbuh sangat pesat, bahkan jumlahnya melebihi jumlah penduduk Indonesia itu sendiri. Makara kabar perubahan tema blogspot ini cukup membahagian dan memudahkan.

Tempalet dan Theme

Defenisi template dan theme sesungguhnya sama. Yakni file PHP yang dikumpulkan bersama script lainnya ibarat HTML, CSS dan lain sebagainya, bahkan gambar sekalipun yang bertujuan menjadi interface antara blogware atau CMS dengan pengunjung.

Sederhananya, template ialah tampilan blog yang muncul dilayar dekstop atau mobile. Dari tampilan inilah kadang semua gosip yang disajikan akan hingga dengan baik ke pembaca. Desain tampilan punya tugas penting dalam memilih nyaman tidaknya satu pengunjung berlama-lama di blog atau website kita.

Penyebutan template sendiri awalnya memang terkhusus untuk CMS blogspot semata. Ini dilakukan untuk membedakan penyebutan tampilan dari rivalnya Wordpress yang menyebut tampilan sebagai theme atau tema. Namun entah apa alasannya hingga blogspot ketika ini pun mengubah nama tampilannya dari template menjadi tema.

Bagi pengguna Wordpress perubahan ini tentu saja tidak mengejutkan sebab memang sedari awal mereka memakai istilah tersebut. Wordpress juga mempunyai banyak varian tema yang dapat dipilih secara gratis. Mereka pula yang pertama kali memperkenalkan tema responsif untuk menyesuaikan tema dengan platfom apa yang digunakan.

Berkenalan dengan Tema Baru Blogspot

Saya awalnya tidak menghiraukan perubahan nama template menjadi tema di dasbor blogspot. Namun dua atau tiga hari yang lalu, ada gosip yang muncul secara pop up di dasbor blogspot ketika saya mengaksesnya. Informasinya mengajak untuk mencoba tema gres blogspot.


Dalam gosip itu disebutkan bahwa tema tersebut telah mobile friendly dan benar-benar gratis. Karena ingin tau maka saya pun balasannya meluncur untuk mencari tahu lebih jauh. Benar saja, tampilan gres blogspot ini sangat dinamis dan cocok untuk kepentingan mobile.

Ada banyak perubahan susunan tema pada versi terbaru ini. Namun, pengoperasiannya nyaris sama dengan tampilan terdahulu. Jika pada template klasik blogspot kita mengenal 7 jenis tampilan yang berbeda. Dengan kehadiran empat tema gres ini, maka total tema blogspot yang dapat digunakan secara gratis bertambah menjadi 11 jenis.

Empat tema gres masing-masing berjulukan Contempo, Soho, Emporio dan Terkemuka. Setiap tema masing-masing mempunyai 5 pilihan warna dan desain. Makara ada 20 tema gres yang dapat digunakan secara gratis. Tema-tema ini pun dapat diedit kembali semoga nampak berbeda dengan blog lainnya.

Setelah mencoba beberapa kali di blog lain, saya merasa menemukan kenyamanan dalam desain gres blogspot tersebut. Bahkan ada beberapa widget gres yang sebelumnya tidak ditemukan di tampilan lama. Hanya saja butuh waktu untuk mengikuti keadaan dengan pengaturan gres ini.

Jika ditanya mengapa Blogooblok belum mengubah tampilan?. Jawabannya sederhana. Saya masih mempelajari lebih jauh tema tersebut. Ada beberapa hal yang berdasarkan saya masih kurang maksimal. Salah satunya perihal penempatan iklan yang belum proporsional.

(Baca Juga: Cara Menampilkan Iklan Adsense Youtube di Blog)

Belum maksimal dalam artian jenis iklan yang akan ditampilkan tidak selalu sesuai harapan. Tema gres ini pula mengedepankan widget iklan (adsense) yang sudah terpasang. Namun, pelan tapi niscaya akan ada cara bagaimana menempatkan iklan dengan baik di tema yang baru.

Untuk mencicipi sensasi gres tema blogspot ini silahkan mempelajarinya lebih lanjut di tab Tema, sempurna dibawah tab Tata Letak. Caranya masih sama dengan cara mengganti template ibarat biasa. Selamat mencoba dan ceritakan pengalaman Anda di kolom komentar untuk memberi evaluasi atas tema gres ini.

Salam Blogger!
+Wisa Rahardi


Sumber http://blogoooblok.blogspot.com
close