Featured

Alasan Besar Lengan Berkuasa Mengapa Harus Memulai Blogging



Untuk banyak sekali alasan, ini jadi goresan pena pertama saya di 2018 khusus untuk BLOGOOBLOK. Ada getir dan rindu menulis dan menyapa orang-orang jago yang setia tersesat di blog ini.

2017 jadi tahun yang jelek buat saya. Tidak banyak hal yang bisa saya bagikan di blog ini. Mungkin alasannya kesibukan mengasah dan membesarkan goresan pena di daerah lain. Sebagai full time blogger, rasa-rasanya memang tidak menyenangkan kalau harus membuatkan hati. Tapi semua ada alasannya.

Tulisan ini saya mulai dengan pertanyaan yang selalu menciptakan saya berpikir. Pertanyaan yang mungkin juga sering kalian dengar, atau malah kalian tanyakan. Mengapa saya harus memulai blogging dan bagaimana itu bisa menguntungkan saya?.

Pertanyaan ini sangat dasar namun tetap menjadi momok menggelikan untuk dijawab tahun 2018. Tapi bagi saya, pertanyaan ini sangat sempurna menyongsong kian besarnya efek revolusi digital di tahun-tahun mendatang. Saya yakin, kalian sudah paham apa yang saya maksud.

Bagi saya pribadi, ada banyak alasan sehingga saya memulai membangun blog ini 2014 lalu. Tepatnya online pertama kali 22 Februari 2014. Lalu pada 19 September 2015, blog ini bertransformasi jadi self domain berlanjut sampai detik ini dengan nama .

Sayapun awalnya tak habis pikir, memasuki tahun kelima BLOGOOBLOK masih mengudara. Saya mengenal blog semenjak tahun 2005 dan semenjak ketika itu ada banyak blog yang saya kembangkan. Seperti blogger pemula kebanyakan, lebih banyak yang gugur tak terurus sampai alhasil terlupakan. Beruntung BLOGOOBLOK masih bisa bernafas lega sampai kini.

Meski setiap orang punya alasannya masing-masing, namun ada beberapa alasan umum yang patut diperhatikan semoga bisa memulai blogging.

1. Pengembangan Diri

Selalu ada cara untuk mengembangkan diri. Salah satu yang saya terapkan yaitu blogging. Sadar bahwa blogging jadi salah satu basis bisnis saya, tak ingin membuatnya sia-sia. Saya bisa menerima penghasilan dari menulis menjadi alasan saya untuk mendalaminya.

Awalnya, saya pun tak ubahnya blogger lain yang mungkin terlalu malas untuk menulis. Tapi seiring waktu berlalu, saya menyadari melalui blog, saya bisa mengekspresikan diri lebih baik. Saya bisa dengan leluasa menulis ide, gagasan, dongeng saya perihal apa saja lewat blog.

Kebetulan, untuk di blog ini khusus seputar teknologi. Saya punya beberapa kanal untuk menulis. Beberapa bahkan jadi penulis tetap untuk tema-tema tertentu.

Yang harus dipahami, bahwa menulis seyogyanya sudah menjadi kebiasaan orang-orang berabad-abad lamanya. Dulu mungkin hanya di buku catatan, kini mediumnya lebih beragam. Salah satunya blog. Disitulah letak menakjubkannya, alasannya kita bisa membuatkan catatan dalam lembaga yang terbuka.

Setelah melihat banyak tulisan, kemudian mempelajarinya. Saya kemudian terbiasa mengembangkannya. Saya berguru banyak cara menulis tema yang berbeda, mengindentifikasi sampai mempertajam gagasan sendiri, menyempurnakan pendapat serta membangun disiplin.

Dalam beberapa tulisan, saya bahkan harus berguru menciptakan outlet sendiri. Melawan ketakutan dan rasa kurang percaya diri. Tapi saya menikmatinya sampai telah terkumpul sejumlah goresan pena baik pendek dan panjang. Beberapa bahkan dibeli oleh media-media.

Semua itu alasannya saya memulainya dari blog. Membangun portofolio diri sendiri sampai orang-orang melihatnya. Saya pikir tidak ada yang sia-sia dengan melaksanakan itu.

2. Penghasilan

Nyaris setiap orang yang memulai blogging, sudah paham kalau blog itu bisa menghasilkan uang. Tapi sebelum terlampau jauh menerawang, saya hendak tegaskan kalau tidak setiap blog akan menguntungkan. Tapi banyak blogger yang bisa menandakan baik pendapatan secara eksklusif ataupun tidak.

Tulisan ini tidak akan membahas bagaimana blog bisa menghasilkan uang. Beberapa goresan pena dalam blog ini sudah menerangkan soal itu. Silahkan dicari-cari dan lakukan dari tahap paling awal. Yang ingin saya tegaskan, bahwa blog ini pun sudah bisa menghidupi keluarga kecil saya.

Saya bukan orang yang suka mempertontonkan penghasilan. Tapi saya ingin membuatkan dengan teman-teman, kalau BLOGOOBLOK menerima sumber pemasukan dari beberapa elemen. Salah satunya tentu dari Google Adsense. Dilain waktu dari aktivitas affiliate dan yang terbaru konten berbayar.

Jika ditanya, berapa besar penghasilan saya dari blog ini. Saya menentukan untuk tidak menyebutkan nominal. Selain kurang etis, penghasilan yang saya dapatkan juga belum seberapa dibanding blogger-blogger lain di negeri ini. Itu alasannya tidak ada produk semacam ebook yang saya jual.

Tapi saya ingin membuatkan pengalaman, di tahun pertama saya memulai blog ini saya nyaris tak bisa membayar kopi kalau bertumpu pada penghasilan Adsense. Tapi waktu tidak pernah berhenti, sesuatu yang kita bangkit pada alhasil akan membuahkan hasil. Tentu dengan cara yang tepat. Bukan benar. Karena tidak ada yang salah dalam ngeblog.

Saya pernah terkesima pada salah satu link afiliate yang saya tanam dalam blog ini. Setelah sekian usang saya diamkan, ternyata ada pula orang yang berbaik hati membeli layanan dari link saya. Saya tidak pernah memaksakan, biarkan orang menentukan sendiri.

Meski saya sangat berharap, pembaca yang budiman bisa membantu menyumbangkan pengeluarannya sebagian ke BLOGOOBLOK. Ya, menyerupai membeli web hosting dengan rekomendari yang ada di blog ini. :)

Baca: Cara Membuat Website Tanpa Kursus Yang Mahal

Ada banyak cara yang bisa dilakukan. Tapi alasannya keterbatasan saya, hanya bisa melaksanakan beberapa hal di atas. Blog juga bisa jadi aset yang menguntungkan pada waktu tertentu. Intinya bangunlah brand, dan permudah orang-orang menemukannya di mesin pencari. Penghasilan akan tiba dengan sendirinya.

3. Relasi dan Timbal Balik

Benar kata orang, banyak sahabat banyak rejeki. Saya memulai blog ini dengan niatan untuk berbagi. Satu demi satu goresan pena saya tayangkan sampai alhasil tercipta ratusan. Dari yang awalnya pertemanan saya di dunia blog cukup terbatas, kini semakin luas.

Saya tak ingin jumawa, bahwa saya sudah dikenal semua blogger di Indonesia. Tidak. Bahkan mungkin, tidak banyak yang mengenal saya lebih jauh. Tapi dengan blog, saya membuka jutaan elemen dalam membangun relasi. Bukan hanya di Indonesia tapi seantero dunia.

Seorang pada tahun-tahun kemudian tetiba menghubungi saya lewat email. Kami berkomunikasi dan kian intens. Dalam bahasa Inggris terbata-bata, saya alhasil berteman baik dengan dia. Tidak sedikit malah ia jadi sumber pendapatan saya dengan bermacam-macam wujud.

Beberapa orang juga tak segan mengirim email ke saya. Mereka menceritakan pengalamannya membaca goresan pena di blog ini. Saya sangat tersentuh ketika mereka menerima manfaat. Jika mau jujur, inilah yang menciptakan saya senang, alasannya berhasil merekahkan senyum di wajah orang lain.

Ketika karya kita diapresiasi bahkan hanya dengan kata-kata terima kasih, bagi saya itu lebih dari cukup dari sekedar uang yang masuk. Timbal balik dari pembaca yang budiman yaitu nyawa yang tak ternilai harganya. Itulah yang menciptakan saya tak bisa meninggalkan blogging.

Saya sadar, blog ini belum memberi banyak sumbangsi yang positif bagi orang-orang. Tapi saya tetap berusaha meski sering kali banyak hambatan. Tapi saya sangat berterima kasih kepada mereka yang bisa memakai blog ini untuk bersuara pada tujuan yang layak. Sungguh menakjubkan.

Jadi, kalau diharuskan menjawab pertanyaan semula. Mengapa harus memulai blogging?. Saya rasa, tanggapan setiap orang tentu akan selalu berbeda. Tapi, saya jaminkan, saya punya banyak pengalaman dan kebaikan sehabis memulainya.

Blogging telah membantu saya berkembang secara pribadi, membantu saya menerima sumber penghasilan lain dari sekedar hobi menulis. Blog juga membuka ruang yang lebar untuk persahabatan tanpa batas. Saya mungkin tidak bisa memperlihatkan perubahan besar bagi orang lain, tapi melalui blog sekecil apapun itu sudah sangat saya syukuri.

Untuk menuntaskan pertanyaan di atas, silahkan dijawab sendiri. Salam!


Sumber http://blogoooblok.blogspot.com
close