Featured

5 Alasan Perlunya Update Kembali Postingan Lama

Photo by Alejandro Escamilla on Unsplash

Ada ratusan artikel dalam BLOGOOBLOK. Sejak dibentuk awal 2014, nyaris tidak pernah saya melaksanakan update untuk tulisan-tulisan yang telah usang. Padahal beberapa diantara artikel tersebut menerima jumlah trafik yang tidak sedikit.

Alhasil beberapa komentar yang masuk bernada kurang sedap. Karena perkembangan terus terjadi, sementara postingan-postingan lama saya masih saja menampilkan cara kuno. Sudah barang tentu tutorial yang disajikan dalam artikel tersebut tidak lagi sejalan dengan perubahan.

Menyadari hal tersebut, semenjak beberapa waktu belakangan, sembari menciptakan setidaknya satu artikel gres setiap hari, saya juga melaksanakan update pada artikel lama. Seperti yang saya terapkan pada postingan pertama kali blog ini. Cara Membuat Blog Blogspot dari Tahap Paling Awal.

Pada tutorial itu, saya menampilkan wajah gres Blogpost yang telah dimuktahirkan. Dulunya, masih mempertahankan tampilan lama dengan gaya bahasa yang juga ala kadarnya. Menyadari ketertinggalan, jadinya saya putuskan untuk merombak habis isi artikel semula.

Sama halnya yang saya lakukan untuk artikel Cara Mendaftar Google Adsense dari Blog Blogspot. Artikel ini salah satu yang terkenal di BLOGOOBLOK. Padahal isinya masih menampilkan cara lama mendaftar Google Adsense, sehingga saya putuskan untuk melaksanakan update.

Keputusan melaksanakan update pada postingan lama memang bukan hal mudah. Karena dilain hal saya berniat terus menambah jumlah postingan, yang pada jadinya harus terkendala waktu menciptakan artikel gres untuk update. Tapi kemudian saya sadar, yang lama juga jauh lebih penting dari sekedar menambah postingan.

Ada hal yang menguntungkan ketika kita melaksanakan update artikel lama. Selain beberapa yang sedikit saya singgung di atas, berikut beberapa alasan mengapa harus melaksanakan update.

1. Menampilkan Informasi Terbaru

Pada artikel Cara Verifikasi Blog Wordpress di Search Console, saya menampilkan informasi gres perihal penggunaan plugin. Artikel sebelumnya, tidak banyak informasi yang saya bubuhkan. Bahkan video yang tertaut di dalamnya pun sudah tak sanggup diplay.

Menyadari hal itulah, saya kemudian melaksanakan update biar informasi gres seputar tutorial yang saya bagikan sanggup berdaya guna kembali. Satu hal yang memang harus diperhatikan seksama bagi blogger khususnya yang banyak menginformasikan perihal tutorial untuk selalu memperbaharui informasi.

Bisa jadi, aplikasi AB yang kita bahas beberapa tahun sebelumnya sudah tak relevan lagi dikemudian hari. Maka update informasi sanggup dilakukan untuk menandakan ke pembaca, biar mereka tidak menganggap blog kita menyajikan informasi basi.

2. Mempercantik Tampilan Post

Seiring waktu berlalu, perubahan pun tak sanggup dielakkan. Saat pertama menciptakan blog ini, bahkan pembaca dari smartphone belum seberapa. Sehingga dikala itu yang saya pedulikan hanyalah pembaca desktop. Kadang gambar pun tidak jadi prioritas utama. Asal ada, maka jadilah.

Namun sekarang, estetika blog melalui tata letak, gambar visual yang dipakai sangat besar lengan berkuasa besar. Kebiasaan orang modern bermetamorfosis lebih erat dengan visualisasi. Dengan melaksanakan update pada postingan lama maka ada ruang untuk kembali menampilkan gambar menarik.

Sama halnya kalau kita menampilkan tutorial yang disertai gambar. Update yang dilakukan sejumlah teknologi sedikit banyak mengubah penggambarannya. Maka sebaiknya menampilkan gambar terbaru biar pembaca sanggup mengetahui alur tutorial yang kita bahas.

3. Merapikan Penulisan

Sebagus apapun goresan pena seseorang dikala ini, ia pernah juga menciptakan goresan pena yang kacau balau. Mungkin di sana sini typo atau pembahasannya terlalu bertele-tele. Maka sudah selayaknya artikel lama diperbaharui dengan penulisan yang kian manusiawi.

Saya pun ketika membaca artikel-artikel lama sangat sering menemukan kesalahan penulisan. Namun seiring perubahan, saya terus memperbaiki. Ada banyak hal yang harus diperhatikan dalam merapikan tulisan. Salah satunya kebijaksanaan artikel yang tidak asing atau amburadul.

Terkadang alasannya ingin terlihat tulisannya panjang, kata-kata tak penting ikut pula dimasukkan. Sehingga kita bahasnya apa, yang disinggung soal apa. Menurut logika, memperbaiki grammar dan menyunting kesalahan mengetik jadi alasan untuk melaksanakan update.

4. Menjawab Komentar Secara Langsung

Update artikel lama juga berkaitan dengan cara kita menindak lanjuti bermacam-macam pertanyaan yang masuk. Misal dalam artikel lama tersebut ada pertanyaan yang berulang kali ditanyakan pembaca. Atau kita menyadari bahwa pertanyaan itu penting. Maka sebaiknya melaksanakan update.

Jawab pertanyaan dari kolom komentar itu eksklusif di tubuh artikel, sehingga orang-orang yang dikemudian hari ikut berkunjung tidak lagi menanyakan hal yang sama. Hal ini juga memotong terbuangnya waktu membalas satu-persatu pertanyaan yang berulang kali.

Komentar pembaca kadang lebih uptodate dari postingan kita, sehingga hal ini mestinya jadi perhatian pemilik blog.

5. Memperbaharui Search Engine Optimization (SEO)

Alasan paling penting dalam mengupdate artikel lama yakni ikut pula memperbaharui posisi SEO kita. Google melalui robot-robot perayapannya secara bersiklus melaksanakan update. Informasi yang akan mereka sampaikan ke pencari merupakan yang terbaru.

Postingan lama yang telah lama sering kali tidak lagi diperhatikan Google. Dengan melaksanakan update, robot Google akan sanggup pemberitahuan kembali bahwa ada pemuktahiran informasi di blog kita. Sehingga peluang muncul di halaman depan pencarian Google terbuka lebar.

Saat melaksanakan update postingan lama, ada peluang pula buat kita memperbaiki SEO. Misalnya dengan memasukkan unsur semantic keyword dalam artikel. Semantic keyword yaitu kata kunci lain yang berkaitan dengan kata kunci utama.


Jika mengikuti perkembangan teknik SEO dikala ini, semisal gambar yang kudu ada keterangannya, akan dengan gampang direalisasikan kalau kita melaksanakan update.

Lima alasan di atas saya rasa lebih dari cukup untuk melaksanakan update goresan pena lama. Masih banyak laba lain yang sanggup kita dapatkan. Namun begitu, ada hal yang mesti diperhatikan ketika memutuskan melaksanakan update. Salah satunya:

  • Jangan mengganti URL aslinya : Ketika mengganti URL lama, maka membuka peluang untuk menuju halaman error 404. Pun kalau kalian sudah menyiapkan halaman error 404 silahkan saja mengganti. Artinya sudah ada plugin atau alat redirection yang dipasang, sehingga ketika pengunjung tiba akan dialihkan ke URL baru.
  • Jangan menggati tanggal publikasi : Standar URL blogspot selalu mempunyai bulan dan tahun. Kaprikornus ketika mengganti tanggal publikasi, URL akan mengikut pada perubahan itu. Artinya sama saja mengganti URL lama. Sehingga sebaiknya tidak perlu mengganti tanggal publikasi.
  • Jangan mengedit goresan pena 100% : Meski yang kebanyakan saya lakukan yaitu mengubah total isi tulisan, namun itu tidak saya sarankan. Sebaiknya edit atau update goresan pena semestinya saja. Bukan apa-apa. Mengedit 100% goresan pena sama saja menciptakan gres dan itu prosesnya cukup melelahkan. Yakin deh itu berat, biar saya saja.
  • Jangan lupa beri disclaimer : Disclaimer penting dibubuhkan dalam update postingan biar pembaca tahu telah terjadi pembaharuan. Misal ada bab dalam artikel yang diubah, sebaiknya beri disclaimer bahwa bab tersebut telah diperbaharui pada waktu tertentu.
  • Jangan lupa memantau : Setiap kita melaksanakan update, tak ada salahnya kita memantau goresan pena lama tersebut. Apakah ada perubahan dari segi pencarian atau jumlah pembacanya meningkat atau tidak. Hasil pantauan ini akan memilih langkah selanjutnya. Mungkin akan lebih banyak yang diupdate atau hentikan sama sekali.

Mengedit artikel lama bukanlah hal gres dalam dunia blogging. Sejak dahulu telah dilakukan banyak orang. Yang harus diperhatikan, artikel lama yang diupdate memang sudah seharunya update. Jangan yang masih relevan dengan kondisi kekinian ikut dirombak habis-habisan.

Bagi saya pribadi, mending melaksanakan update artikel lama yang sudah sanggup posisi di mesin pencari ketimbang memperbanyak goresan pena dengan informasi yang hanya secuil. Khusus untuk blogger yang tidak jauh-jauh dari pengaruh perubahan, sangat disarankan untuk secara bersiklus melaksanakan update.

Salam kreasi!
 
Sumber http://blogoooblok.blogspot.com
close