Featured

Cerita Aku Mencoba Tampilan Contempo Blogspot

Saya selalu tertantang untuk mencoba sesuatu. Melakukan eksperimen kecil-kecilan kemudian menceritakannya jadi semacam candu. Itu pula yang jadi akar duduk perkara sampai balasannya BLOGOOBLOK hadir. Dari awal memang diniatkan untuk menyebarkan pengalaman sesuatu yang sudah saya lalui.

Jika ada yang sering berkunjung ke blog ini, niscaya dengan gampang tahu apa saja yang berubah. Bahkan sanggup dikata mengalami perubahan besar secara tampilan. BLOGOOBLOK dulu menggunakan custom template (belakangan Blogspot ikut menyebutnya Thema/Tema) Sederhana.

Baca Juga: Blogspot Ganti Template Makara Tema dan 4 Desain Baru

Dari tema Sederhana bawaan Blogspot itu, banyak yang terkesima, jikalau tidak mau disebut jijik, melihatnya. Tampilannya sederhana dengan beberapa widget di sidebar kanan. Yang membuatnya berbeda alasannya ada iklan stiky yang menempel di kanan kiri.

Saya memang sengaja menggunakan tema bawaan Blogspot untuk membuktikan, bahwa tampilan sesedehana apapun akan tetap menemukan pengunjungnya. Dan terbukti, meski tidak besar-besar amat menyerupai blognya Mas Sugeng, SekolahBlogger dan Klimania misalnya. Tapi pengunjung bulanan blog ini sanggup dikata, memuaskanlah, setidaknya dari evaluasi saya.

Saya menyebut beberapa blog di atas, alasannya Alexa memberi bocoran jikalau mereka merupakan situs yang serupa tapi tak sama dengan pengunjung tumpang tindih. Alias, yang berkunjung ke blog Mas Sugeng sanggup jadi juga berkunjung ke BLOGOOBLOK.

Kembali ke duduk perkara tampilan. Per hari ini, saya dengan kebulatan tekat yang maksimal. Saya balasannya mengambil keputusan untuk merombak total tampilan. Keputusan ini tidak serta merta, cukup usang sampai balasannya saya berani melaksanakan itu.

Ada banyak pertimbangan mengapa saya melakukannya. Padahal semenjak setahun lalu, saya tahu jikalau Blogspot punya empat tampilan gres sehabis lupa melaksanakan update. Mengapa gres kini saya mengubah dan mengapa tidak menentukan melaksanakan perubahan ke AMP saja.

Pertama: Mulai Bosan

Sejak saya buat 2014 silam, terhitung gres kali ini saya melaksanakan perubahan tampilan. Pun jikalau ada, paling hanya satu dua bab di tema yang saya utak atik. Waktu selama itu awalnya saya biasa-biasa saja, tapi kemudian muncul kejenuhan.

Setiap kali hendak melaksanakan update blog, saya selalu teralihkan dengan tampilan yang menoton. Tetiba bosan tiba menyerang dan balasannya saya urung melaksanakan update. Pun jikalau sempat tidak akan bertahan usang untuk konsisten kembali.


Memang bukan melulu soal tampilan, faktor malas juga mengambil tugas ganda. Tapi tampilan selalu merusak mood. Akhirnya itu jadi semacam kebiasaan buruk.

Kedua: Performa Yang Merosot

Sejak Google tak henti-hentinya melaksanakan perubahan, blog ini stagnan begitu-begitu saja. Orang-orang sudah mulai hijrah ke mobile, saya tetap kekeh mempertahankan pembaca destop. Alhasil, kejayaan yang dulunya sempat diraih perlahan mulai surut.

Peringkat BLOGOOBLOK di Alexa pernah mencapai angka 800 se Indonesia, kini terjungkal ke 5,317. Luar biasa membanggakan. Karena kesibukan di dunia positif yang juga menyita waktu, saya tak punya keleluasaan menghabiskan energi melaksanakan updateting.

Alhasil, pengecekan kecepatan blog ini sebelum berbenah selalu merah. Kalau bukan versi mobilenya yang merah, desktopnya yang begitu. Untunglah, dua jam sehabis melaksanakan perombakan tampilan ke Contempo, semuanya jadi hijau. Memang belum 100 persen, tapi sudah ada jempol yang menancap.

Pun begitu dengan pengecekan apakah blog ini mobile-friendly alias ramah di gadget, menunjukkan hasil yang menggembirakan.


Saya kemudian mengecek Google Analytics, yang dulunya perhitungan real time selalu didominasi destop, kini mulai berimbang. Setidaknya, pembaca dari mobile tidak gegabah meninggalkan halaman sehabis tahu tampilan mobile blogspot datar tanpa espresi.

Ketiga: Penghasilan Menurun

Mungkin ini alasan yang hampir semua orang alami. Sejak memasuki tahun 2018, saya merasa pendapatan di Google Adsense sangat sulit. Pertama, alasannya memang pengunjung yang tidak seramai dulu. Kedua, pembaca blog tutorial sudah terdidik dengan iklan, ketiga saya tidak sanggup bersaing dengan update Google yang juga terjadi di Adsense.

Tidak sanggup bersaing artinya ada beberapa jenis iklan Adsense yang lebih baik ditempatkan di versi mobile. Sementara tampilan BLOGOOBLOK, sekali lagi belum mobile friendly. Sehingga penerapan auto ads yang gres saja Adsense luncurkan serasa berat buat blog ini.

Pembaca BLOGOOBLOK dulunya lebih lebih banyak didominasi desktop, sudah dipastikan penghasilan tidak banyak. Dari banyak laporan, bahkan Adsense pun melaporkan jikalau iklan masa kini lebih lebih banyak didominasi di versi mobile, sehingga kantong pendapatan saya teralihkan pelan-pelan.

Menyadari kekurangan semua itu, saya balasannya menentukan melaksanakan perubahan. Padahal, saya sanggup saja tetap mempertahankan tampilan semula dengan hanya menerapkan AMP. Tapi, sekali lagi, saya harus jujur, belum hebat dengan itu dan tidak punya waktu banyak untuk mempelajari.

Kedepan saya hanya akan fokus pada postingan, menciptakan artikel dan tidak lagi melaksanakan banyak utak-atik. Blog ini harus mengikuti kemajuan, tidak melulu hanya soal tutorial mengubah header misalnya. Tapi bagaimana menumbuhkan minat biar tercipta konten yang original. Meski membicarakan hal teknis.

Baca Juga: Tampilan Baru Dashboard Blogger Lebih Segar dan Kekinian

Alasan menentukan Contempo pun tidak serta merta. Meski dikala pertama berkenalan dengan tema ini saya pribadi jatuh hati. Contempo berdasarkan saya lebih sederhana dan sesuai kepribadian blog ini. Saya hanya ingin menampilkan kesejukan dengan tidak hiperbola menempatkan iklan.

Blog ini sebagai wadah menyebarkan dan berjejaring, pendapatan hanyalah bonus. Kedepan, mungkin akan ada beberapa perubahan yang akan saya lakukan. Belum begitu banyak yang saya pelajari dari tampilan ini. Tapi kemudian saya belajar, bahwa semua harus dengan keputusan yang tepat.

Awalnya saya takut, jangan-jangan pembaca akan menghilang seiring dengan perubahan yang saya lakukan. Identitas BLOGOOBLOK akan memudar alasannya tidak lagi menampilan sosok yang dulu. Sosok yang sudah menempel dalam benak banyak pembaca.

Tapi sekali lagi, orang kesasar ke blog ini alasannya konten, tampilan yang menarik dan lebih cepat yaitu bonus yang menciptakan pembaca lebih betah. Tak duduk perkara ketika ada yang menuduh tampilannya sama dengan blog yang lain. Di dunia ini kadang kita memang menggunakan baju yang sama. Tapi isi hati dan kepala setiap orang pastilah berbeda.

Maka balasannya saya ucapkan selamat tiba di tampilan gres BLOGOOBLOK. Semoga makin kerasan berada di sini.

Salam kreasi. 


Sumber http://blogoooblok.blogspot.com
close